Halo
semuanya!
Kali ini
saya akan memberikan deskripsi tentang bisnis proses finance accounting. Untuk
mempersingkat waktu kita langsung saja ke poin.
Jadi pada
bisnis proses ini kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa alur dalam bidang
finance & accounting. Seperti pada gambar, disini terdapat dua bagian yaitu
departemen akuntan pajak dan vendor customer. Departemen akuntan pajak memiliki
alur menerima tagihan pajak, lalu melakukan pembayaran, dan membuat laporan.
Sementara pada vendor customer terdapat sub lagi yaitu purchase order, yang
dimana purchase order terbagi menjadi 3, yaitu income statement, balance sheet,
dan account statement. Vendor costumer berlanjut ke invoice dan di akhiri pada
account receivable. Sementara untuk income statement dan account statement
tidak berlanjut kemanapun, dan untuk balance shet masih memiliki banyak alur
seterusnya yaitu cost accounting, finance & account report, accounting
section head, report account, dan manage accounting & finance.
Dan finance & acconting bertanggung jawab untuk :
- Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
- Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
- Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
- Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
- Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
- Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya
- Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan
Kiranya
sekian sedikit deskripsi tentang bisnis proses accounting & fInance dari saya
BugsBunny
Tidak ada komentar:
Posting Komentar